Mengenal SMM

Setelah membaca artikel Dr. Mathew McDougall yang membahas pengukuran dan kontrol pemasaran media sosial (Bagaimana Anda Mengukur Pemasaran Media Sosial? - Metrik dan Analisis dan Pemasaran Media Sosial - Di Mana Kontrol yang Hilang? ), saya terinspirasi untuk menyumbangkan beberapa pemikiran saya tentang SMM (pemasaran media sosial).

Mengenal SMM

Di dalam perusahaan saya, saya duduk menghadap tim penjualan dan ini memberi saya jendela yang bagus untuk melihat bagaimana posisi tim penjualan dan menjual layanan pemasaran media sosial kami. Selama beberapa minggu terakhir saya mulai mengamati salah satu tenaga penjualan kami sering mendapatkan pertanyaan yang sama dari prospek penjualan; pengiklan hanya ingin memaksimalkan penjualan mereka dengan menghabiskan lebih sedikit waktu dan uang untuk pemasaran.

Hal ini dapat dimengerti mengingat lingkungan ekonomi saat ini dan saya kira bukan masalah baru yang dihadapi penjualan tetapi di sisi positifnya adalah menyenangkan memiliki SMM yang diakui sebagai saluran pemasaran (meskipun tampaknya sedikit dipahami).

Dari pengamatan saya (dan semakin sering menelepon) banyak pengiklan masih menafsirkan SMM hanya sebagai tempat baru untuk memasang papan reklame murah, mendorong informasi merek kepada pelanggan, dan menjual lebih banyak produk sesegera mungkin.

Jika memang ini yang dipikirkan pengiklan, tidak heran mereka hanya bersedia melakukan uji coba di SMM dengan anggaran "ekonomis", dan mau tidak mau "kampanye uji" ini mungkin mengecewakan mereka dalam hasilnya.

Mengingat saya bekerja di tim SMM, saya ingin berteriak dari atap bahwa pengiklan menganggap SMM sebagai investasi jangka panjang untuk merek mereka, untuk melibatkan SMM sebagai bagian dari strategi pemasaran merek secara keseluruhan. Memang, resesi membuat semua orang lebih konservatif, tetapi ini juga bisa menjadi peluang bagus untuk "akumulasi kekuasaan". Secara umum, SMM masih tetap menjadi pilihan ekonomis sebagai saluran digital.

Tidak terlalu mahal untuk memulai kampanye dan pengiklan/merek harus lebih mempertimbangkan ini sebagai peluang untuk melibatkan konsumen mereka. Jika sulit bagi pengiklan untuk mengambil rencana promosi berbiaya tinggi dalam waktu yang sulit, akan lebih mudah bagi mereka untuk menerima untuk menunjukkan kekhawatiran dan mengumpulkan pengaruh mulai sekarang.

SMM mungkin tidak mendorong pesanan dalam jumlah besar dalam beberapa hari, tetapi sangat membantu dalam membangun citra yang ramah dan sehat untuk merek tersebut, sehingga memudahkan pelanggan untuk memilih merek tertentu saat mereka membuat keputusan pembelian.