Berjuang Dengan Strategi Pemasaran Media Sosial yang Gagal?

Berjuang Dengan Strategi Pemasaran Media Sosial yang Gagal?

Jangkauan yang luar biasa dari platform media sosial membuat kagum para pengusaha dari seluruh dunia. Semua perusahaan bisnis besar dan kecil membuat akun media sosial mereka dan mulai membangun strategi pemasaran untuk berbagai platform SM. Namun, dengan begitu banyak keributan awal terkait SMM, banyak bisnis yang akhirnya gagal membuat kampanye pemasaran mereka berhasil.

Jika Anda salah satu pemilik bisnis yang gagal terhubung dengan audiens target dan melibatkan mereka di platform media sosial, inilah saatnya untuk introspeksi. Kami memberi Anda beberapa kemungkinan alasan mengapa strategi SMM Anda gagal dan bagaimana Anda dapat memperbaikinya -

Berfokus pada tujuan dan sasaran 'Anda' - Tidak seperti metode pemasaran tradisional, pemasaran media sosial lebih tentang apa yang diinginkan konsumen. Mayoritas pemasar SMM memulai kampanye dengan berfokus pada tujuan pemilik bisnis. Ini adalah pendekatan picik karena media sosial bukan hanya tentang Anda. Jadi, alih-alih berfokus pada Anda dan tujuan bisnis Anda, Anda harus fokus pada apa yang diinginkan oleh target pasar Anda dan apa yang tidak mereka sukai.

Tidak menghabiskan cukup waktu atau uang untuk SMM - Pemasaran di media sosial hemat biaya dibandingkan dengan metode pemasaran tradisional. Namun, ini tidak berarti bahwa Anda tidak akan menginvestasikan waktu dan uang Anda untuk mencapai hasil yang diinginkan. Alih-alih menghabiskan sebagian besar anggaran pemasaran Anda untuk metode tradisional, pemilik bisnis sebaiknya memasukkan semua uang dan waktu mereka di media sosial karena lebih efektif, dapat dijangkau, dan memberikan hasil yang terlihat. Untuk mendapatkan hasil yang baik atas investasi Anda, Anda harus memasukkan sebagian besar anggaran pemasaran Anda ke SMM dan memantau kinerjanya.

Tidak bekerja dengan profesional - Pemasaran media sosial bukanlah pekerjaan anak-anak. Banyak perusahaan berasumsi bahwa hanya dengan membuat akun di Facebook, Twitter, dan platform sosial lainnya dan menempatkan pesan pemasaran di dalamnya sudah cukup untuk menghubungkan dan melibatkan audiens. Namun, ini jauh dari kebenaran. Dibutuhkan banyak hal untuk mencapai kesuksesan di media sosial. Ketika Anda bekerja dengan para profesional, mereka melakukan survei, menganalisis pasar, dan membuat strategi yang tepat dengan menilai implikasi jangka panjang dan jangka pendek.

Gagal memahami perilaku konsumen - Seperti setiap metode pemasaran, mengetahui konsumen Anda dan perilaku mereka sangat penting. SEO atau perancang web tidak akan tahu bagaimana membangun kampanye pemasaran di media sosial dengan memahami perilaku pengguna. Inilah alasan mengapa Anda perlu menyewa pakar pemasaran media sosial yang dapat membangun merek dan membuatnya populer di kalangan audiens target.

Tidak melibatkan pengguna dengan merek Anda - Keterlibatan pengguna sangat penting dalam pemasaran dan relatif mudah di media sosial untuk melibatkan pengguna dengan merek Anda. Namun banyak orang, sering menganggap enteng, gagal melibatkan audiens target dengan merek mereka. Untuk memperbaikinya, pemasar harus memastikan bahwa konten baru, menarik, dan menarik diposting di profil sosial mereka secara teratur. Menilai strategi pemasaran pesaing Anda juga dapat membantu Anda menemukan strategi yang dapat mengalihkan lalu lintas dari pesaing Anda ke profil media sosial Anda sendiri.

Mengandalkan metrik kinerja yang salah - Mengukur keberhasilan kampanye pemasaran Anda di media sosial dengan melacak jumlah suka, pengikut, dan penggemar adalah pendekatan yang salah. Gimmick ini hanya berfokus pada peningkatan angka dan tidak benar-benar mengubah pengguna. Untuk mengukur kinerja dan keberhasilan kampanye Anda secara akurat, Anda harus mempertimbangkan faktor-faktor yang mengonversi pengunjung, seperti jumlah pembagian, retweet, dan lainnya.

Tidak konsisten - Anda mungkin memiliki rencana pemasaran yang sangat kuat, dan langkah pertama Anda pasti sukses, tetapi jika Anda tidak konsisten dengan upaya SMM Anda, Anda tidak dapat mencapai hasil jangka panjang. Ini adalah salah satu kegagalan terbesar di media sosial, dan untuk memperbaikinya, Anda harus berkomitmen untuk menyediakan konten yang menarik dan viral sepanjang tahun.

Tidak memperhatikan komentar dan umpan balik pengguna - Sangat menggembirakan melihat pengunjung mengomentari posting Anda. Namun, jika Anda gagal untuk menindaklanjuti atau berterima kasih kepada mereka atas minat mereka pada merek Anda, kesenjangan antara Anda dan pengunjung Anda akan berkembang. Anda harus selalu memastikan bahwa tanggapan yang tepat waktu diberikan untuk komentar dan umpan balik dari pengunjung. Komunikasi dua arah adalah keuntungan terbesar di jejaring sosial dan pemasar harus menggunakannya secara efektif.

Sumber: