Manfaat Media Sosial Jika Dilakukan dengan Benar

Manfaat Media Sosial Jika Dilakukan dengan Benar

Banyak pemilik bisnis bertanya-tanya apakah mereka membutuhkan media sosial. Mereka tidak tahu apa yang mereka lewatkan. Media sosial membuka dunia kemungkinan untuk prospek, jaringan, koneksi, wawasan tentang pelanggan, dan peningkatan loyalitas merek. Berikut ini adalah beberapa alasan untuk memiliki strategi yang baik untuk bisnis apa pun.

Media sosial kurang tentang mendatangkan lalu lintas dan lebih banyak tentang membangun loyalitas merek. Ini mungkin membawa sedikit lalu lintas dalam hal jumlah, tetapi lalu lintas yang dibawanya akan berkualitas tinggi. Jika dilakukan dengan benar, adalah cara untuk membuat pelanggan mengasosiasikan merek Anda dengan keramahan dan perasaan positif. Sentuhan pribadi membuat orang menyukai merek tersebut. Cara terburuk untuk menggunakan media sosial adalah hadir sebagai entitas merek tanpa wajah yang hanya menawarkan diskon dan promosi penjualan yang dijadwalkan secara otomatis. Cara terbaik adalah menganggapnya sebagai pesta. Kebijaksanaan yang sama yang berlaku untuk situasi sosial apa pun juga berlaku dengan media sosial: Jadilah diri sendiri dan berbicaralah dengan orang lain. Siapa pun yang mengikuti merek Anda juga mengikuti anggota keluarga, teman, dan koleganya. Jika merek Anda cocok dengan jaringan sosial pribadi pelanggan, ada potensi besar bagi orang tersebut untuk membangun keterikatan emosional dan loyalitas terhadap merek Anda seperti yang mereka lakukan untuk seorang teman. Dan ketika seorang pelanggan menganggap Anda sebagai teman, Anda memiliki pelanggan yang setia.

Meskipun media sosial bukanlah tempat terbaik untuk promosi penjualan, media sosial dapat digunakan untuk meningkatkan kesadaran merek dan mengiklankan perusahaan Anda di antara target demografis Anda. Ada cara untuk mencari kata kunci dan minat untuk menemukan pengguna yang membicarakan sesuatu yang relevan dengan produk atau layanan Anda. Itu selalu merupakan ide yang baik untuk terhubung dengan orang-orang ini pada tingkat yang bersahabat. Mereka akan memeriksa profil Anda dan mungkin juga akan memeriksa situs Anda, terutama mengingat itu adalah sesuatu yang telah mereka minati. Bahkan jika mereka tidak segera mengikuti Anda atau membeli, mereka akan mengetahui merek Anda dan akan mengingat Anda, terutama jika Anda membuat hubungan pribadi.

Media sosial adalah outlet cepat dan efektif untuk layanan pelanggan, memungkinkan Anda untuk memantau dan menanggapi percakapan dan masalah tentang merek Anda. Lebih sering daripada tidak, orang lebih cenderung untuk melampiaskan dan mengeluh tentang masalah publik di Twitter daripada meluangkan waktu untuk menulis email, dan mereka akan melampiaskan apakah Anda memperhatikan atau tidak. Jika Anda memperhatikan, Anda dapat menyelesaikan masalah dengan cepat dengan jawaban yang membantu. Jika Anda tidak menggunakan media sosial, maka tidak ada yang tahu apa yang dikatakan pelanggan Anda tentang merek Anda. Terlibat memberi Anda kesempatan untuk memantau dan terlibat dalam percakapan.

Ketika Anda menggunakan media sosial, Anda memiliki kesempatan untuk melihat apa yang dibicarakan oleh demografis Anda dan mendapatkan wawasan tentang minat dan kebutuhan mereka. Sangat penting untuk memahami pelanggan Anda, dan ini adalah salah satu cara untuk melakukannya. Anda juga dapat berinteraksi dengan basis Anda dengan menanyakan pendapat mereka secara langsung. Jika Anda menyertakan pengikut Anda dalam beberapa keputusan Anda dengan mensurvei mereka atau mengajukan pertanyaan, mereka akan merasa lebih berinvestasi di perusahaan Anda dan lebih seperti bagian dari tim. Anda akan mendapatkan loyalitas bersama dengan wawasan. Anda tidak hanya akan berinteraksi dengan pelanggan di media sosial, Anda juga akan menemukan dan berjejaring dengan individu yang berpikiran sama, pengusaha, sekutu yang mungkin, dan bahkan pesaing (Jauhkan teman Anda dekat, dan musuh Anda lebih dekat ...). Saat Anda menjalin hubungan bisnis, media sosial—sekali lagi—membuka pintu dan kemungkinan baru yang tidak akan terjadi jika tidak.